Sambut GAMIFest 2018, Kampung Dapat Kembangkan Wisata Dengan Dana Desa


Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Aceh Tengah mengumpulkan para reje atau kepala kampung dari seputaran Danau Laut Tawar untuk mendukung pelaksanaan Gayo Alas Mountain Internasional Festival (GAMIFest) 2018.
Plt Kepala DPMK Aceh Tengah Windi Darsa mengatakan, sebagai ikon pariwisata daerah dan salah satu pusat pelaksanaan GAMIFest, reje dan masyarakat yang berdomisili di sekitar danau tersebut harus siap melayani para wisatawan yang hadir.
Terlebih sebutnya, terdapat banyak peluang ekonomi yang harus dimanfaatkan masyarakat setempat, dimana untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki dapat dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan dana desa.
“Dana desa bisa digunakan untuk mendukung program kepariwisataan, apakah membentuk kampung wisata, membuat kerajinan atau membuat potensi-potensi wisata baru, makannya kami undang reje kesini, karena mereka merupakan kuasa pengelola keuangan di kampung,” jelasnya, Rabu (11/4/2018).
Gayo Alas Mountain Internasional Festival (GAMIFest) sendiri dijadwalkan berlangsung mulai Agustus hingga November 2018 di Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo direncanakan akan membuka secara resmi kegiatan yang menampilkan berbagai atraksi seni maupun budaya daerah milik masyarakat dataran tinggi Gayo dan Alas tersebut.

No comments: